SEKILAS DARUSSALAM SUBANG

March 26, 2009 at 4:22 pm Leave a comment

Pondok Pesantren Darussalam (PPD) Kasomalang berkedudukan di desa Kasomalang Wetan, kecamatan Kasomalang, kabupaten Subang, Jawa Barat. Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang didirikan pada tanggal 1 April 1985 M. bertepatan dengan tanggal 10 Rajab 1405 H. oleh Tiga Senasab, yaitu : 1. Kyai Abdul Ma’sum (almarhum pada tahun 1995, Kakek ), 2. KH. M.U. Hidayat (almarhum pada tahun 2005, Ayah) dan 3. KH.Ahmad Djuanda, M.H. (anak)

Bermodalkan tiga kunci sukses perjuangan “konsep, kesungguhan dan istiqomah”, alhamdulillah atas idzin dan ridho Alloh SWT, Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang terus berkembang dari tahun ke tahun sehingga dengan segala kekurangannya sementara ini menjadi Pondok Pesantren terbesar di Kabupaten Subang dengan jumlah santri mukim sebanyak 1200 orang, pengelola dan guru sebanyak 78 orang.

Sejak berdirinya, Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang ditata dalam pengelolaan manajerial yang terorganisir sedemikian rupa sehingga sang Kyai secara operasional dapat berbagi tugas bersama sejumlah pengurus dan guru pondok sesuai keahlian, kemampuan dan tugasnya masing-masing. Atas pengelolaan seperti itu, banyak masyarakat menyebut Pondok Pesantren Darussalam adalah Pondok Pesantren Modern. (KH.Ahmad Djuanda,M.H. adalah alumni Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur)

Pondok Pesantren Darussalam adalah lembaga tafaqquh fid din yang berjuang memelihara dan mengembangkan pengetahuan dan ‘amaliah Islam kepada generasi umat Islam dengan mengadopsi kemajuan iptek dan peradaban sepanjang tidak bertentangan dengan akidah, syari’ah dan akhlaq Islam.

Pondok Pesantren Darusalam berusaha mencetak kader generasi penerus umat Islam yang bertaqwa kepada Alloh SWT dengan ilmu, ibadah dan mu’amalah yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya.

Guna melengkapi wawasan, keahlian dan ilmu pengetahuan para santri, kegiatan belajar-mengajar di Pondok Pesantren tidak terbatas kepada belajar formal kemadrasahan semata, para santri juga belajar dan praktek berbagai kegiatan ekstra kurikuler secara intensif, terjadwal dan bertahap, seperti kegiatan; Praktek dua bahasa asing (Arab dan Inggris), komputer, kepemimpinan, kemasyarakatan, pramuka, olahraga, keterampilan usaha dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Salah satu sapta jangka (program berjangka) Pondok Pesantren Darussalam (PPD) adalah “kaderisasi”. Olehkarena itu sejak dini, PPD sudah mempersiapkan kader-kader kepemimpinan terdidik dan terlatih di dalam dan di luar Negeri yang siap memimpin dan siap dipimpin. Dengan “kaderisasi” , insya Alloh bahwa PPD akan terus hidup dan berkembang

About these ads

Entry filed under: Artikel. Tags: .

PROFIL PONTREN DARUSSALAM SUBANG Brosur Penerimaan Santri Baru 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


March 2009
S M T W T F S
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: